9 ROH PENGHUNI TUBUH MANUSIA

SELAMAT DATANG

Saya akan membahas tentang roh. Roh adalah bagian dari tubuh kita yang tidak dapat dihindari keberadaannya
 وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الرُّوحِ ۖ قُلِ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُمْ مِنَ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا

Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh katakanlah"roh itu termasuk urusan tuhan-ku dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit" Surat Al-Isra'17 Ayat 85

1.ROH IDHOFI
ROH IDHOFI adalah roh central atau pusat dalam tubuh. Roh inilah yang memperintah 8 roh lainnya. Roh ini lah yang membuat manusia hidup dan biasanya roh ini dijuluki "johar awal suci". Roh ini adalah sumber dari 8 roh lainnya bila roh ini meninggalkan tubuh kita maka roh lainnya juga akan meninggalkan tubuh kita dan kejadian itu disebut kematian.

2.ROH RABBANI
Roh ini tidak memiliki kehendak apa apa.memiliki ketentraman hati dan tubuh tidak merasakan apa apa,Karena roh ini tidak memiliki hawa nafsu maka roh ini sering digunakan sebagai titik acuan dalam semedi/betapa.

3.ROH ROHANI
ROH ROHANI yang mengendalikan hawa nafsu pada tubuh kita,Bila roh ini telah meninggalkan tubuh kita maka tubuh kita tidak memiliki nafsu lagi.Jika tubuh kita bisa mengendalikan roh ini maka kita juga bisa mengendalikan hawa nafsu kita maka ia akan hidup dalam keilmuan.
Roh ini menempati 4 jenis nafsu yakni:
-Nafsu Luwama
-Nafsu Amarah
-Nafsu Supiyah
-Nafsu Mulamah

4.ROH NURANI
ROH NURANI memiliki sifat terang karena roh inilah manusia bisa merasakan sesuatu petunjuk yang menuntun dan ketenangan dalam hati dan pikiran. Bila roh ini meninggalkan tubuh maka manusia tersebut akan merasakan gelap hati dan pikiran.roh ini menguasai nafsu mutmainah yang menonjol yang dapat menjalankan nafsu yang lain sehingga membawa kebaikan yang terjaga.

5.ROH KUDUS
ROH KUDUS biasa dikenal roh suci,Roh ini membawa pengaruh sidat welas asih pada semua makhluk.tidak segan memberi pertolongan dan berbuat kebajikan serta mempengaruhi perbuatan amal ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing masing.

6.ROH RAHMANI
ROH RAHMANI yang memberikan sifat pemurah suka memberi dan bersifat sosialitas.Roh ini diberinama dari kata Rahman yakni pemurah

7.ROH JASMANI
ROH JASMANI yang mengatur sistem kerja tubuh kita seperti kerja jantung,Peredaran darah, Urat syaraf. Roh ini lah yang mengatur rasa capek, sakit, segar.Tantangan seseorang mempelajari ilmu kebatinan untuk mencapai taraf supranatural yang paling utama adalah menundukan sifat roh ini dalam tubuh.

8.ROH NABATI
ROH NABATIlah yang akan mengendalikan perkembangan pertumbuhan tubuh kita

9.ROH REWANI
ROH REWANI adalah roh yang menjaga tubuh kita.bila kita tertidur maka roh ini akan keluar dari tubuh akan sebaliknya bila kita terbangun maka roh ini akan kembali ke tubuh kita.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "9 ROH PENGHUNI TUBUH MANUSIA"